Minuman Surga

Dan disana(surga) mereka diberi segelas minuman bercampur jahe

وَيُسْقَوْنَ فِيْهَا كَأْسًا كَانَ مِزَاجُهَا زَنْجَبِيْلً
“ Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe.” (Al-Insan:17)


Ketika menjelaskan nikmat bagi penghuni surga, Allah SWT berfirman sebagaimana ayat diatas. Jahe surga berbeda dengan apa yang kita temukan di dunia. Akan tetapi, dari ayat ini kita petik hikmah bahwa minuman bercampur jahe adalah minuman spesial sehingga dijadikan sebagai minuman para penghuni surga.

Penemuan modern telah menemukan fakta bahwa jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan …! Prof. Abdul Latif Asyur berkata, “Telah ditegaskan dalam penemuan modern bahwa jahe mengandung getah, lemah, tepung, dan minyak yang mudah menguap yang beraroma enak. Oleh karenanya, jahe bermanfaat untuk menguatkan dan membersihkan tubuh sekaligus mencegah terjadinya campak dan demam.”

Raja Romawi pernah memberikan hadiah kepada Rasulullah satu karung jahe, lalu beliau memberikan sepotong-sepotong kepada setiap orang. Orang Arab menggunakan jahe ini sebagai campuran minuman mereka. Mereka tahu bahwa jahe memiliki manfaat kesehatan yang besar sekali. Ini adalah sebuah fakta menabjubkan, bahwa kalangan muslim pada masa Rasulullah SAW telah tahu manfaat jahe bagi kesehatan sebelum adanya penelitian modern.

Post a Comment

Previous Post Next Post