Minuman Kegemaran Rasulullah

Rasulullah menyukai minuman yang manis dan dingin


Rasulullah SAW meminum air manis yang dingin, bahkan beliau lebih menyukainya dibandingkan dengan air lainnya, Aisyah meriwayatkan, “Minuman yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah minuman yang manis dan dingin.” (HR. At-Tirmidzi, Ahmad, Hakim, dan Abu Syaihk)

Penuturan Aisyah di atas memiliki beberapa kemungkinan bisa jadi, yang dimaksud adalah air yang dicampur madu, rendaman kismis, ataupun rendaman kurma (seperti yang disebutkan dalam Hadist-Hadist bahwa Rasulullah SAW meminum air yang dicampur madu, air rendaman kurma, dan air rendaman kismis).

Ibnu Qayyim Rahimatullah mengungkapkan dalam kitab Zaaduul Ma`ad, jika dua sifat dingin dan manis terhimpun dalam satu minuman akan memberi manfaat yang sangat besar bagi tubuh karena dapat membantu proses pencernaan dan penyaluran saripati makanan dengan sempurna, mencairkan  dahak, membasmi bibit penyakit di lambung, serta menstabilkan kehangatan lambung. Juga sangat bermanfaat bagi hati, ginjal, dan kandung kemih. Beliau menjelaskan, air dingin yang telah diinapkan memiliki kelembaban yang mampu menyeimbangkang panas tubuh. Karena itulah, Rasulullah SAW Amat menggemarinya. Mari kita yang memiliki kemampuan untuk memperoleh madu, kurma, dan kismis, mengamalkan kegemaran Rasulullah, selain mendapatkan kesehatan kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT karena mengikuti Rasulullah. 

Post a Comment

Previous Post Next Post