HIKMAH NOT BERGADANG

kebiasaan bergadang dapat menimbulkan penyakit. Dengan seringnya tidur larut malam, secara perlahan mngekibatkan kerusakan pada organ tubuh

Dari Abu Barzah, bahwa Rasulullah SAW
tidak suka tidur sebelum shalat isya
dan berbincang-bincang setelahnya.
(HR. Bukhari)

Rasulullah SAW mengajarkan agar tidak tidur telat. Karena anjuran Rasulullah, para sahabat tidak bergadang sepanjang malam, tidak mengobrol dan bercanda. Mereka segera tidur setelah beberapa saat setelah shalat isya.

Apakah hikmah di balik larangan bergadang..?

Ternyata, kebiasaan bergadang dapat menimbulkan penyakit. Dengan seringnya tidur larut malam, secara perlahan mngekibatkan kerusakan pada organ tubuh terutama hati. Selain itu juga dapat melemahkan kekebalan tubuh, menyebabkan sakit kepala hingga kerusakan otak, dan dapat menyebabkan kanker hati.

Para dokter menegaskan bahwa tidur yang paling nyeyak adalah di awal malam, dan satu jam tidur sebelum tengah malam senilai dengan berjam-jam tidur di waktu setelah tengah malam. Prof. Oswald berkata, "Jika kamu ingin cepat lelap tidur ketika kamu hendak tidur, maka segeralah bangun di pagi hari. Lakukan hal itu dengan teratur. Maka dengan itu, kamu bisa mendapatkan tidur yang paling baik dan kamu akan menjadi lebih bahagia dan lebih giat di siang hari."

Bukankah ini yang diajarkan oleh Rasulullah SAW...?

Post a Comment

Previous Post Next Post