Dua Macam Bangkai dan Dua Macam Darah

Allah menghalalkan bangkai ikan dan belalang, Limpa dan hati


“ Telah dihalalkan bagi kita dua macam bangkai dan dua macam darah. Adapun dua macam bangkai adalah belalang dan ikan, dua macam darah adalah limpa dan hati.”
(HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Pada hadist ini ada dua hukum yang diterangkan yaitu bangkai dan darah, kita akan melihat satu persatu yang pertama tentang bangkai dan selanjutnya tentang darah. Seperti yang telah diketahui, makan bangkai diharamkan dalam agama Islam. Tapi ada dua macam bangkai yang halal untuk dimakan, yaitu bangkai ikan dan belalang.

Mengapa bangkai belalang dan ikan boleh dimakan, sementara bangkai lain tidak….?


Sesuatu yang menyebabkan penyakit sering kali berasal dari darah. Darah hewan yang mati tanpa disembelih susah untuk keluar dan akan menetap di dalam tubuhnya. Jika makan bangkai, maka darah itu masuk kedalam tubuh kita dan menjadi penyakit. Sedangkan pada ikan Allah SWT memberikan keistemewaan tersendiri, yaitu apabila ikan ditangkap dan keluar dari laut lalu mati, niscaya darahnya akan terkumpul dijakun, seolah-olah disembelih. Keistimewaan lainnya adalah karena ikan tidak memiliki saluran darah (tidak memiliki leher untuk disembelih), begitu juga dengan belalang. Inilah alasan mengapa bangkai ikan dan belalang tidak diharamkan seperti bangkai lain.

Selanjutnya yaitu darah, limpa dan hati disebut di dalam sabda Rasulullah SAW sebagai dua macam darah yang halal dimakan.

Mengapa limpa dan hati disebut sebagai Jenis darah ……?

Berdasarkan penelitian dengan peralatan yang canggih yang melihat langsung ke dalam limpa dan hati. Didapatkan hasil bahwa limpa dan hati  banyak mengandung pembuluh darah sehingga limpa dan hati banyak mnegandung darah.

WAH, pengetahuan Rasulullah SAW akan limpah dan hati kaya darah ini adalah sesuatu yang keren, bukan …?


Berbeda dengan Darah yang haram untuk dimakan/diminum, limpa dan hati halal dimakan walaupun banyak mengandung pembuluh darah. Ternyata ini berkaitan dengan manfaatnya bagi kesehatan. Penelitian menyatakan bahwa hati adalah sangat bergizi. Hati tinggi akan protein, vitamin A, asam folat, zat besi, vitamin B12, dan mineral seperti kromium dan tembaga. Hati baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kadar hemoglobin. Sedangkan limpa kaya dengan zinc dan selenium yang dibutuhkan untuk kekebalan tubuh. limpa baik untuk kesehatan saat demam dan mengurangi peradangan dan membantu pencernaan.

Amazing … kedua perkara diatas merupakan pengetahuan modern yang pada masa itu manusia tidak memiliki peralatan modern untuk menelitinya, tetapi Rasulullah bisa mengetahuinya, ini merupakan bukti bahwa apa yang Rasulullah sampaikan merupakan bukan berasal dari pengetahuan pribadinya tetapi datang dari yang menciptakan manusia, ini membuat menguatkan iman kita kepada Rasulullah,mari kita percaya dan lakukan apa yang disampaikan Rasulullah, karena begitu banyak bukti nyata yang telah disampaikan beliau tanpa alat dan pengetahuan modern tetapi Rasulullah mengetahui.

Post a Comment

Previous Post Next Post