Setan itu lemah

setan itu lemah, mudah dikalahkan

Setan itu lemah, hanya bisa menggoda, tidak bisa memaksa

Kami beberapa waktu lalu mendengarkan tausiyah dari ustadz yang ada kalimat yang begitu lekat dan dapat dijadikan penyemangat yaitu bahwa " Setan itu lemah, hanya bisa menggoda, tidak bisa memaksa ". Setan itu lemah hanya membisikkan kita untuk berbuat maksiat, malas beribadah kalau kita tidak mengikuti tidak ada masalah, dia tidak bisa memaksa kita untuk berbuat maksiat dan melarang kita beribadah kepada Allah. Berbeda halnya jika setan diberi kekuatan memaksa maka kita bisa tak berdaya menghadapinya, tetapi Allah menjadikan setan tidak berkuasa sehingga tidak bisa memaksa kita melakukan apa yang dia inginkan.


فَأَخْلَفْتُكُمْ وَمَا كَانَ لِيَ عَلَيْكُمْ مِنْ سُلْطَانٍ إِلَّا أَنْ دَعَوْتُكُمْ فَاسْتَجَبْتُمْ لِي فَلَا تَلُومُونِي وَلُومُوا أَنْفُسَكُمْ
Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diputuskan: “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sama sekali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan sekedar aku mengajak kamu lalu kamu mematuhi ajakankku, oleh sebab itu janganlah kamu mencela aku akan tetapi salahkan dirimu sendiri.” (QS. Ibrahim: 22)
Dalam ayat ini setan mengakui tidak memiliki kendali, tidak memiliki kekuasaan atas diri kita, kita memiliki kemampuan untuk tidak mengikuti apa yang dibisikkan setan. Kita bisa gunakan kalimat ini untuk menguatkan diri kita, meyakinkan diri kita bahwa kita kuat, kita tidak bisa dipengaruhi, kita bisa melawan godaan setan, sehingga kita tidak berbuat maksiat kepada Allah, kepada mahluk dan kepada diri kita sendiri dan kita bisa memaksakan diri kita untuk taat beribadah kepada Allah. Terkadang ibadah itu harus dipaksakan yaitu ketika kita malas, ketika iman kita turun, dan kita memiliki kekuatan untuk memaksakan diri kita beribadah sedangkan setan tidak.

Post a Comment

Previous Post Next Post