Hari Jum'at, Adalah Hadiah Dari Allah Untuk Umat Islam

Allah menyimpan kaum sebelum kita dari hari jumat, Allah membawa kita dan menunjukkan kita kepada hari jumat

Hari Jum`at adalah hari yang istimewa, pada hari tersebut banyak kejadian-kejadian yang Allah sebutkan Pada hari itu Ayah kita Adam As diciptakan, dimasukkan dalam surga, dikeluarkan dari surga dan pada hari tersebut juga terjadi kiamat.

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”(HR. Muslim)



Oleh karena itu hari Jum`at adalah hari yang istimewa, terdapat banyak sejarah kita umat manusia dan pada hari Jum`at ini juga banyak janji Allah kepada manusia. Hari Jum`at ini tidak diberikan kepada umat lain sebelum umat Islam, hari Jum`at diberikan kepada Umat Islam.

“أَضَلَّ اللهُ عَنِ الْجُمُعَةِ مَنْ كَانَ قَبْلَنَا فَكَانَ لِلْيَهُوْدِ يَوْمُ السَّبْتِ وَكَانَ لِلنَّصَارَى يَوْمُ الأَحَدِ فَجَاءَ اللهُ بِنَا فَهَدَانَا اللهُ لِيَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

‘Allah menyimpangkan kaum sebelum kita dari hari Jum’at. Maka untuk kaum Yahudi adalah hari Sabtu, sedangkan untuk orang-orang Nasrani adalah hari Ahad, lalu Allah membawa kita dan menunjukan kita kepada hari Jum’at.’ (HR. Muslim)


Kita umat Islam harus berbahagia dengan keistimewaan yang Allah berikan kepada kita, memberikan hari Jum`at kepada kita. Apa yang Allah berikan kepada umat Islam di hari Jum`at ...? salah satu yang Allah berikan kepada Umat Islam di hari Jum`at adalah Allah mengabulkan Doa-doa kita di hari ini.

“فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا.”

“‘Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menun-jukkan sedikitnya waktu itu.”(HR. Bukhari dan Muslim)


“يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيْهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ.”

“Hari Jum’at itu dua belas jam. Tidak ada seorang Muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah dalam waktu tersebut melainkan akan dikabulkan oleh Allah. Maka peganglah erat-erat (ingatlah bahwa) akhir dari waktu tersebut jatuh setelah ‘Ashar.”(HR. Abu Dawud, an-Nasa-i, dan al-Hakim)


Post a Comment

Previous Post Next Post