Anjuran Makan Malam

Janganlah kalian meninggalkan makan malam meski dengan sengenggam kurma, sesungguhnya meninggalkannya itu akan mempercepat tua


"Janganlah kalian meninggalkan makan malam meski dengan segenggam kurma, sesungguhnya meninggalkannya itu akan mempercepat tua." (HR. Ibnu Majah)

Para ahli gizi masa kini menyarankan agar setiap orang tidak orang tidak meninggalkan makan malam, bahkan untuk orang yang sedang diet (menurunkan berat badan) atau penderita diabetes (darah manis) sekalipun. Setiap orang disarankan untuk makan tiga kali sehari yaitu pagi, siang dan malam. Hanyas aja porsi makan malam perlu diperhatikan. 

Membiarkan perut kosong pada saat perut diisi makanan menyebabkan  berbagai macam penyakit pada lambung, misalnya penyakit maag. Kalau sudah kena penyakit lambung, penyakit lain pun akan ikut menyertai karena sesungguhnya berbagai jenis penyakit berasal dari lambung. Seseorang yang menderita suatu penyakit tertentu terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Nah, benarlah kiranya sabda Rasulullah SAW yang megatakan bahwa meninggalkan makan malam dapat menyebabkan penuaan.

Mari kawan mulai hari ini kita amalkan apa yang disampaikan Rasulullah, ini adalah amalan yang mudah untuk kita amalkan, dapat pahala menjalankan sunnah, dapat kesehatan pula.

Allah dan Rasulnya lebih mengetahui dari pada kita.

Post a Comment

Previous Post Next Post